Minggu, 27 April 2008

Kelaparan dan Kurang gizi

Kelaparan ialah kondisi saat perut kosong dan membutuhkan makanan.Kelaparan sudah terjadi di mana-mana.Bahkan banyak dari mereka yang meniggal karena kelaparan.Kelaparan akan semakin bertambah dengan semakin bertambahnya penduduk.Kemiskinan adalah penyebab utama dari kelaparan tersebut.
Pentingnya kebiasaan hidup sehat dan pola makan gizi seimbang sehari-hari belum merupakan kebutuhan yang dirasakan sebagaian besar masyarakat. Karena itu upaya perbaikan gizi tidak cukup dengan penyediaan sarana tetapi juga perlu upaya perubahan sikap dan perilaku. Masalah gizi, baik masalah gizi kurang dan gizi lebih, disebabkan banyak faktor yang saling terkait. Masalah gizi kurang yang dapat menjadi gizi buruk, misalnya bukan hanya karena anak kekurangan makanan, tetapi juga karena penyakit.
Kurang pangan dan kelaparan adalah fakta yang tidak bisa di sangkal.Namun ini bukan berarti bahan pangan dunia telah habis.Permasalahannya hanya terletak pada pendistribusian bahan makanan yang kurang merata di Indonesia.Seharusnya kelaparan tidak akan terjadi jika pendistribusian tersebut merata.



Tidak ada komentar: